Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Abstract

Insulin adalah hormon peptida, yang diproduksi oleh sel beta pankreas, dan merupakan pusat metabolisme karbohidrat dan lemak dalam tubuh kita. Sebagian besar pasien diabetes bisa mengontrol kadar glukosa mereka selama bertahun-tahun dengan diet yang baik dan latihan rutin ditambah satu, dua atau bahkan tiga jenis obat. Namun, ada banyak obat ini tidak efektif atau tidak lagi aman bagi pasien, misalnya resiko penyakit ginjal dan penyakit hati. 
Pasien dengan komplikasi Diabetes seperti ketoasidosis atau hiperglikemia parah (gula darah > 500 mg / dL) merupakan indikasi untuk terapi insulin. Pasien dengan adanya infeksi serius seperti pneumonia dan pasien dengan penyakit bersamaan seperti serangan jantung harus mulai terapi insulin segera. Selain itu, pasien selama atau setelah operasi dan selama kehamilan harus mulai terapi insulin. Jika beban glikemik yang ideal yang gagal dicapai dengan dua atau tiga obat oral, pasien harus mulai terapi insulin. Tingkat A1C lebih dari 10 % atau 7,5 % dengan glukosa darah puasa lebih dari 250 mg / dL juga merupakan indikasi untuk menggunakan insulin.
Sebagai akibatnya, insulin digunakan secara medis untuk mengobati beberapa bentuk diabetes mellitus. Pasien dengan diabetes tipe 1 bergantung pada insulin eksternal (paling sering disuntikkan subkutan) untuk kelangsungan hidup mereka karena hormon yang tidak lagi diproduksi secara internal. Pasien dengan diabetes tipe 2 sering resisten insulin dan, karena perlawanan tersebut, mungkin menderita kekurangan insulin "relatif". Beberapa pasien dengan diabetes tipe 2 mungkin akhirnya membutuhkan insulin jika obat lain gagal untuk mengontrol kadar glukosa darah secara memadai.
Ada hubungan antara pengetahuan pada insulin dan keterampilan pasien dalam terapi insulin. Hal ini penting bagi pasien untuk mengetahui lebih banyak tentang penyakit mereka dan pengobatan untuk menghindari komplikasi dan juga risiko penyakit.

How to Cite

Appalanaidu, K. (2016). PENGETAHUAN MENGENAI INSULIN DAN KETERAMPILAN PASIEN DALAM TERAPI. Intisari Sains Medis, 6(1), 78–82. https://doi.org/10.15562/ism.v6i1.22

HTML
430

Total
481

Share

Search Panel

Komala Appalanaidu
Google Scholar
Pubmed
ISM Journal