Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Tingkat IV Lanud Sam Ratulangi Manado pada masa pandemi covid-19
- PDF  |
- DOI: https://doi.org/10.15562/ism.v13i1.1289  |
- Published: 2022-02-07
Search for the other articles from the author in:
Google Scholar | PubMed | ISM Journal
Search for the other articles from the author in:
Google Scholar | PubMed | ISM Journal
Search for the other articles from the author in:
Google Scholar | PubMed | ISM Journal
Search for the other articles from the author in:
Google Scholar | PubMed | ISM Journal
Latar belakang: Kepuasan pasien dicapai apabila penerima pelayanan memperoleh pelayanan sesuai dengan yang dibutuhkan dan diharapkan. Pandemi Coovid-19 menyebabkan penurunan angka kunjungan pasien, hal ini terjadi karena terdapat alur proses pelayanan kesehatan yang berubah, pembatasan jumlah pasien, serta diterapkannya langkah pencegahan standar, identifikasi awal dan pengendalian sumber virus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Tingkat IV Lanud Sam Ratulangi Manado pada masa pandemi Covid-19.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi potong lintang. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit Tingkat IV Lanud Sam Ratulangi Manado pada November-Desember 2021. Sampel penelitian berjumlah 334 pasien. Variabel bebas dari peneitian ini yaitu kesehatan fisik dan psikis pasien, kompetensi staf medis dan fasilitas rumah sakit. Variabel terikat dari penelitian ini adalah kepuasan pasien. Data hasil penelitian dianalisis secara univariat, bivariat, dan multivariat.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden paling banyak berjenis kelamin laki-laki (52,69%), mayoritas berumur 36-45 tahun (37,72%), pekerjaan terbanyak swasta (35,33%) dan tingkat pendidikan terbanyak SMA/sederajat (46,41%). Hasil uji korelasi pearson ditemukan bahwa faktor kesehatan fisik dan psikis, kompetensi staf medis dan fasilitas rumah sakit nilai p<0,05. Berdasarkan uji regresi linier berganda ditemukan faktor yang paling mempengaruhi kepuasan pasien adalah fasilitas rumah sakit dengan nilai standardized coefficients beta sebesar 0,314.
Kesimpulan: Faktor kesehatan fisik dan psikis, kompetensi staf medis, dan fasilitas rumah sakit berhubungan dengan kepuasan pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Tingkat IV Lanud Sam Ratulangi Manado pada masa pandemi Covid-19. Fasilitas rumah sakit merupakan faktor yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan pasien