Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Analisis kinerja pegawai bagian administrasi RSUP Ratatotok buyat di era sebelum pandemi COVID-19, saat pandemic, dan new normal

Abstract

Introduction: The success of hospitals (RS) in carrying out their functions as health service institutions is characterized by good quality hospital services. Administrative employees as non-health workers must have good performance in order to realize quality health services. This study aimed to analyze the description of employee performance in the administration section of the Ratatotok Buyat Hospital in terms of aspects of work culture and work environment in the era before the Covid-19 pandemic, during the pandemic and the new normal era.

Methods: This type of research uses a qualitative descriptive method. Data collection techniques were carried out by in-depth interviews and then documented and analyzed. To obtain the validity of the data, inspection techniques were carried out through several activities, namely triangulation. Qualitative data was obtained based on the results of in-depth interviews using the Mile and Huberman data analysis model

Results: The performance of employees in the administration section shows that systems and activities related to employee work experience changes during the pandemic when there is a decrease in employee performance when compared to performance before the pandemic, in the new normal era, employee performance has increased.

Conclusion: The performance of employees in the administration of Ratatotok Buyat Hospital before the Covid-19 pandemic was very good, there was a decline in performance during the pandemic, but increased again in the new normal era.

 

Pendahuluan: Keberhasilan rumah sakit (RS) dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga pelayanan kesehatan ditandai dengan kualitas pelayanan rumah sakit yang baik. Pegawai administrasi sebagai tenaga non kesehatan harus memiliki kinerja yang baik agar dapat mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran kinerja pegawai pada bagian administrasi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Ratatotok Buyat ditinjau dari aspek budaya kerja dan lingkungan kerja pada era sebelum pandemi Covid-19, saat pandemi dan era new normal.

Metode: Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kemudian didokumentasikan dan dianalisis. Untuk mendapatkan keabsahan data, dilakukan teknik pemeriksaan yaitu dengan triangulasi. Data kualitatif diperoleh berdasarkan hasil wawancara mendalam dengan menggunakan model analisis data Mile dan Huberman.

Hasil: Kinerja pegawai dibagian administrasi menunjukkan bahwa saat pandemi terjadi penurunan jika dibandingkan dengan dengan kinerja sebelum pandemi, diera new normal kinerja pegawai kembali mengalami peningkatan.

Kesimpulan: Kinerja pegawai di bagian administrasi RSUP Ratatotok Buyat sebelum pandemi Covid-19 sangat baik, dan terjadi penurunan kinerja saat pandemi, namun kembali mengalami peningkatan di era new normal.

Section

References

  1. Kemenkes RI. Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jakarta : Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. 2020. ISBN 978- 623-301-043-6.
  2. Sidin A.H., dan I.N.B Noor. Gambaran Beban Kerja Unit Administrasi Di Rumah Sakit Unhas. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanudin, 2014: 1– 11.
  3. Guo, R., P.M Hermanson., dan T.J Farnsworth. Study on Hospital Administrators’ Beliefs and Attitudes toward the Practice of Evidence-Based Management. Hospital Topics 2016;94(3–4): 62–66.
  4. Baiquni, M., dan A. Prihatini.. Pengaruh Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Warta Media Nusantara Tribun Jateng. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 2016; 5(3):256–263.
  5. Darodjat., dan A. Tubagus. konsep-konsep Dasar Manajemen Personalia Masa Kini. Bandung: PT Refika Aditama, 2015. p 228.
  6. Lutfiah., W.O Hening., dan Suhermin. Pengaruh kompetensi dan budaya kerja terhadap person Job Fit dan kinerja karyawan pada PT Andromedia, Jurnal Ilmu Manajemen – Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya 2020; 8 (3): 684-699.
  7. Tikson, D. T. Menuju Kehidupan New Normal di Bawah Pengaruh Covid- 19: Peran Administrasi Publik (Materi Diskusi Webinar Yang di Selenggarakan Oleh Pustatbang KMP-LAN Makassar, 20 Mei 2020.
  8. Sedarmayanti. Manajemen sumber daya manusia reformasi birokrasi dan manajemen pegawai negeri sipil. Refika Aditama. Bandung. 2017. Hal 392.
  9. Ahid Mudayana, A., dan Ahmad Dahlan, U. Kes Mas. Kesmas 2010. http://www.jogjapress.com/index.php/KesMas/article/viewFile/1173/589.
  10. Kuzairi, U., Yuswadi, H., Budiharjo, A., & Patriadi, H. B. Implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pada Pelayanan Publik Bidang Pelayanan Kesehatan (Study kasus pada rumah sakit umum dr. H. Koesandi Bondowoso). Politico 2017;, 17(2),184–205.
  11. Syafrina, N. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Suka Fajar Pekan Baru. Eko Dan Bisnis 2017; 4(8), 1–12.
  12. Alex S Nitisemito. Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kelima, Cetakan Keempat belas, Ghalia Indonesia, Jakarta. 2008.
  13. Rivai Veithzal. Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi , PT. Raja Grafindo Persada. 2005.
  14. Hendytio, M. K. Bekerja dari Rumah: Menanam Kultur Kerja. 2020. https://www.csis.or.id/download/206-post-2020-03-28-CSIS_Commentaries_DMRU_020_Hendytio.pdf
  15. Duta Mustajab, Azies Bauw, Abdul Rasyid, Andri Irawan*, Muhammad Aldrin Akbar, & Muhammad Amin Hamid. Fenomena Bekerja dari Rumah sebagai Upaya Mencegah Serangan COVID-19 dan Dampaknya terhadap Produktifitas Kerja. University of Yapis Papua, Indonesia. e-ISSN 2599-0705 Volume 4 Number 1, April 2020 THE INTERNATIONAL JOURNAL OF APPLIED BUSINESS TIJAB 2020. https://e-journal.unair.ac.id/TIJAB/article/download/18574/10248
  16. Hanggoro, A. Y., Suwarni, L., Selviana, & Mawardi. Dampak psikologis pandemi COVID-19 pada petugas layanan kesehatan : studi. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia 2020; 15(2), 13–18.
  17. Dewi Anggriani Dewi, Amirul Muk Minin. Pengaruh Lingkungan Masa Pandemik Covid 19 Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bima. Jurnal Disrupsi Bisnis 2021; 4(4) http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/DRB/article/view/10906
  18. Panjaitan, V. E. Implementasi Kebijakan New Normal Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan LIPI Bandung. Jurnal Enersia Publika: Enegi, Sosial Dan Administrasi Publik 2020; 4(2), 269–291.
  19. Suhartini, T. Persepsi Pekerja Dalam Menghadapi New Normal Covid-19. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian 2020; 5(4), 310–317.

How to Cite

Manitik, R., Rampengan, S. H., Wagey, F. W., & Manampiring, A. E. (2022). Analisis kinerja pegawai bagian administrasi RSUP Ratatotok buyat di era sebelum pandemi COVID-19, saat pandemic, dan new normal. Intisari Sains Medis, 13(1), 25–29. https://doi.org/10.15562/ism.v13i1.1270

HTML
146

Total
108

Share

Search Panel

Riliani Manitik
Google Scholar
Pubmed
ISM Journal


Starry Homenta Rampengan
Google Scholar
Pubmed
ISM Journal


Freddy W. Wagey
Google Scholar
Pubmed
ISM Journal


Aaltje Ellen Manampiring
Google Scholar
Pubmed
ISM Journal