Research Article

Gambaran tingkat pengetahuan terhadap hipertensi dan kepatuhan minum obat pada penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas kintamani I

Jaeynisha Mathavan , Gde Ngurah Indraguna Pinatih

Jaeynisha Mathavan
Program Studi Pendidikan Dokter Bagian Ilmu Kedokteran Komunitas/Ilmu Kedokteran Pencegahan Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana. Email: jaenysha123@gmail.com

Gde Ngurah Indraguna Pinatih
Program Studi Pendidikan Dokter Bagian Ilmu Kedokteran Komunitas/Ilmu Kedokteran Pencegahan Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana
Online First: October 30, 2017 | Cite this Article
Mathavan, J., Pinatih, G. 2017. Gambaran tingkat pengetahuan terhadap hipertensi dan kepatuhan minum obat pada penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas kintamani I. Intisari Sains Medis 8(3). DOI:10.15562/ism.v8i3.121


Hipertensi seringkali disebut silent killer karena tidak adanya gejala dan tanpa disadari penderita mengalami komplikasi pada organ-organ vital. Seseorang dikatakan menderita hipertensi apabila tekanan darah sistolik >140 mmHg dan tekanan diastolik >90 mmHg. Dari data di Puskesmas Kintamani I masih banyak terdapat warga yang menderita hipertensi, kebanyakan dari mereka adalah pasien yang sering berkunjung untuk melakukan kontrol. Kepatuhan dalam pengobatan hipertensi sangat penting untuk mengontrol gejala hipertensi dan komplikasi yang dapat ditimbulkannya. Pengetahuan pasien mengenai penyakitnya sangatlah berpengaruh terhadap keputusannya dalam menjalani pengobatan. Kepatuhan pasien dalam menjalani pengobatan juga dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal pasien.  Tujuan penelitian ini dilaksanakan agar dapat melihat gambaran tingkat pengetahuan terhadap hipertensi dan kepatuhan minum obat pada penderita hipertensi di wilayah Kintamani I. Penelitian ini merupakan studi deskriptif cross-sectional. Jumlah sample pada penelitian ini sebanyak 50 orang responden yang merupakan penduduk penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Kintamani I. Teknik pengambilan sample yang digunakan merupakan teknik simple random sampling. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 22 - 29 Mei 2015 menggunakan kuesioner kepatuhan minum obat Morisky Medicaton Adherence Scale (MMAS-8). Penelitian ini mendapatkan hasil, Responden dengan tingkat pengetahuan tinggi sebesar 48,0%, sedangkan tingkat pengetahuan rendah sebesar 52,0%. Sebanyak 70% pasien mempunyai kepatuhan rendah terhadap minum obat hipertensi, sedangkan 30% pasien mempunyai kepatuhan tinggi.  Untuk mendukung angka keberhasilan pengobatan hipertensi perlu dilakukan penyuluhan terkait penyakit hipertensi sehingga kepatuhan minum obat penderita hipertensi dapat meningkat.

References

Rahajeng E, Tuminah S. Prevalensi Hipertensi dan Determinannya di Indonesia Jakarta: Pusat Penelitian Biomedis dan Farmasi Badan Penelitian Kesehatan Departemen Kesehatan RI; 2011.

Puskesmas Kintamani I. Profil Kesehatan Puskesmas Kintamani I Tahun 2014 Bangli: UPT Puskesmas Bangli I; 2014.

Wibawa RA. Hubungan antara cara bayar dengan kepatuhan berobat pada pasien hipertensi rawat jalan. Universitas Sebelas Maret. 2008.

Nurlaili SW, Sudhana W. Gambaran Kepatuhan Minum Obat dan Peran Serta Keluarga pada Keberhasilan Pengobatan Pasien Hipertensi di Desa Timbrah Kecamatan Karangasem pada Januari 2014. Ejournal Universitas Udayana. 2014.

Ekarini D. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepatuhan Klien Hipertensi dalam Menjalani Pengobatan di Puskesmas Gondangrejo Karanganyar. Jurnal KEMDASKA. 2012; 3(1).

Mubin M, Samiasih A, Hermawati T. Karakteristik Dan Pengetahuan Pasien Dengan Motivasi Melakukan Kontrol Tekanan Darah Di Wilayah Kerja Puskesmas Sragi 1 Pekalongan. Jurnal Universitas Muhammadiyah Semarang. 2010.

Annisa AFN, Wahiduddin , Ansar J. Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Berobat Hipertensi Pada Lansia di Puskesmas Pattingalloang Kota Makassar. Universitas Hassanudin. 2013.

Kamal S, Afriyanti E. Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Kepatuhan Makan Obat Pasien Hipertensi di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP DR. M. Djamil Padang. STIKES Amanah Padang. 2014.

Nugroho SA. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Umum dengan Kepatuhan Pasien Hipertensi di Rumah Sakit “X” Boyolali. Universitas Muhhamadiyah Surakarta. 2014.


No Supplementary Material available for this article.
Article Views      : 65
PDF Downloads : 53