Research Article

Gambaran perilaku pemakaian kontrasepsi pasca persalinan pada wanita usia subur di desa gelgel, Klungkung-Bali

Sharon Jesicca , Putu Aryani

Sharon Jesicca
Program Studi Pendidikan Dokter. Email: sharon123@gmail.com

Putu Aryani
Bagian Ilmu Kedokteran Komunitas/Ilmu Kedokteran Pencegahan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
Online First: May 08, 2017 | Cite this Article
Jesicca, S., Aryani, P. 2017. Gambaran perilaku pemakaian kontrasepsi pasca persalinan pada wanita usia subur di desa gelgel, Klungkung-Bali. Intisari Sains Medis 8(2). DOI:10.15562/ism.v8i2.130


Kontrasepsi pasca persalinan merupakan pemasangan kontrasepsi dalam jangka waktu 42 hari setelah melahirkan untuk mencegah kehamilan dengan jarak dekat. Usia subur seorang wanita biasanya antara 15-49 tahun, untuk mengatur jumlah kelahiran atau menjarangkan kelahiran, wanita/pasangan ini lebih diprioritas untuk menggunakan alat/cara KB. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perilaku pemakaian kontrasepsi pasca persalinan pada wanita usia subur di Desa Gelgel wilayah kerja Puskesmas Klungkung I. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif, dengan metode cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode total sampling sebanyak 46 orang sebagai sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar sudah pernah menggunakan kontrasepsi yaitu 32 orang (69,6%), wanita usia subur yang memiliki sikap baik banyak yang memilih untuk menggunakan kontrasepsi pasca persalinan (32.1%).

 

References

Oktarina O, Sugiharto M. Persepsi Akseptor KB terhadap Kualitas Pelayanan KB di Puskesmas, Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah, Tahun 2009. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. 2013; 16(2): p. 217-224.

Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Profil Kesehatan Provinsi Bali Tahun 2014 Denpasar: Dinas Kesehatan Provinsi Bali; 2015.

Buletin Kespro. Situasi Keluarga Berencana di Indonesia. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI. 2013.

Aryanti, Hery. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan Kontrasepsi pada Wanita Kawin usia Dini di Kecamatan Aikmel Lombok Timur. Denpasar: Universitas Udayana. 2014.

Safitri, Y. Pengalaman Wanita Usia Subur Dengan Kista Ovarium.Skripsi Keperawatan Universitas sumatera Utara. 2010. Diakses tanggal 5 maret 2014

Fitri, Agus Zaenul. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di

Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2012.

SDKI. Survey Dinas Kesehatan.Indonesia. 2007.

Notoatmodjo S. Pengantar Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku Jakarta: Rineka Cipta; 2007.


No Supplementary Material available for this article.
Article Views      : 29
PDF Downloads : 14