Research Article

Gambaran umum tingkat kepuasan masyarakat terhadap upaya pelayanan kesehatan di wilayah kerja upt kesmas Gianyar II

Vinothini Krishnan , Made Dharmadi

Vinothini Krishnan
Program Studi Pendidikan Dokter. Email: vinothini123@gmail.com

Made Dharmadi
2Ilmu Kedokteran Komunitas-Ilmu Kedokteran Pencegahan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
Online First: May 08, 2017 | Cite this Article
Krishnan, V., Dharmadi, M. 2017. Gambaran umum tingkat kepuasan masyarakat terhadap upaya pelayanan kesehatan di wilayah kerja upt kesmas Gianyar II. Intisari Sains Medis 8(2). DOI:10.15562/ism.v8i2.126


Latar Belakang:. Kualitas pelayanan kesehatan akan berdampak pada kepuasan pasien. Namun berdasarkan data jumlah kunjungan pasien di UPT Kesmas Gianyar II menunjukkan terdapat penurunan jumlah pada tahun 2012 dan 2013 yakni dari 27.505 menjadi 25.572 sehingga hal tersebut menjadi indikator untuk dilakukan ulang penilaian kepuasan terhadap kinerja Puskesmas Gianyar II. Metode: Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan pendekatan potong lintang (cross sectional) untuk mengetahui gambaran umum kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan oleh UPT Kesmas Gianyar II.Penelitian ini dilakukan di kawasan wilayah kerja UPT Kesmas Gianyar II pada bulan agustus 2015. Populasi penelitian ini adalah semua masyarakat yang pernah mendapatkan pelayanan kesehatan serta bertempat tinggal di wilayah kerja UPT Kesmas II Gianyar. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode consequtive sampling dengan jumlah sampel 100 orang.  Instrumen pengumpulan data adalah kuisioner dimana berisikan pernyataan seputar 5 dimensi kualitas pelayanan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya pada penelitian sebelumnya. Teknik analisis data dengan analisis univariat dan bivariat. Hasil: Karakteristik responden pada penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan jenis kelamin paling banyak adalah perempuan sebesar 57%. Kelompok usia 26-45 tahun paling banyak yakni sebesar 48%. Berdasarkan kelompok pendidikan terakhir maupun tertinggi diketahui bahwa pendidikan SMA/Sederajat menempati jumlah terbanyak yakni 50%. Jenis pekerjaan bervariasi namun paling banyak pada kelompok yang tidak berkerja  sebesar 26%. Tingkat pendapatan masyarakat paling tinggi berada pada kelompok pendapatan di bawah Rp 1.543.000,00. Berdasarkan persentase diperoleh 67% masyarakat memberikan penilaian sangat memuaskan.Berdasarkan dimensi kualitas pelayanan jika diurutkan penilaian tertinggi ke terendah diantaranya: dimensi Tangibles (88,6), Reliability (86,88), Empathy (86,64),Responsiveness (86,16), dan Assurance (85,96). Simpulan: Sebagian besar masyarakat yang pernah memperoleh pelayanan kesehatan di UPT Kesmas Gianyar II mengatakan pelayanan kesehatan yang diberikan telah sangat memuaskan

References

Departemen Kesehatan RI. Petunjuk Teknis Jamkesmas di Puskesmas dan Jaringannya Jakarta: Direktorat Bina Kesehatan Masyarakat Depkes RI; 2008.

Khusnawati. Analisis Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan pada Puskesmas Sungai Durian, Kab.Kubu. JMPK. 2010: p. 177-184.

Yunevy EFT, Haksama S. ANALISIS KEPUASAN BERDASARKAN PERSEPSI DAN HARAPAN PASIEN DI PUSKESMAS MEDOKAN AYU SURABAYA. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia. 2013; 1(1).

UPT KESMAS Gianyar II. Profil Kesehatan UPT Kesmas Gianyar II Gianyar: UPT KESMAS Gianyar II; 2011.

Santosa H, Malek NM. Penilaian Kualitas Pusat Pelayaanan Kesehatan Masyarakat di Wilayah Sumatera Utara, Indonesia. Jurnal Manajemen Pelayanana Kesehatan. 2011; 14(1): p. 49-54.

Tjiptono F. Service Management Mewujudkan Layanan Prima Yogyakarta: Penerbit Andi; 2012.

Trihono. Manajemen Puskesmas Berbasis Paradigma Sehat Jakarta: Sagung Seto; 2005.


No Supplementary Material available for this article.
Article Views      : 35
PDF Downloads : 10